Contoh Makalah Singkat

Contoh Makalah Singkat – Apa itu makalah? Makalah adalah sebuah karya ilmiah yang berisis mengenai pemaparan materi. Makalah meskipun dalam bentuk sederhana namun harus lengkap mengenai penjelasannya. Adapun berikut ini beberapa contoh makalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Intel Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat, didirikan pada 18 juli 1968 di California. Terkenal dengan rancangan produksi mikro prosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen dan alat lainnya. Intel memiliki alat projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor termasuk MEMS. Tabulasi informasi di Indonesia.

Pendiri

Gordon Moore, Robert Noyce, Brian Kzanich

Produk

Bluetooth chipset, Network Interface Cards, Flash Memory, Mikroprosesor, Motherboard Chipset

Cabang 

Seluruh Dunia ( Argentina, China, Kosta Rika, Malaysia, Meksiko, Irlandia, Israel, India, Filipina, Polandia, Rusia, dan Vietnam.

VISI DAN MISI

Visi : Mendorong secara terus menerus batas-batas inovasi agar dapat membuat hidup orang lebih menarik, lebih memuaskan dan lebih mudah untuk mengelolanya.

Misi : Menyenangkan pelanggan kami, karyawan dan pemegang saham dengan tanpa henti memberikan platform dan teknologi kemajuan yang menjadi penting untuk cara kita bekerja dan hidup.

Rumusan Masalah

Bagaimana penggolongan indentifikasi lingkungan eksternal dan internal berdasarkan analisis SWOT

Tujuan

Untuk menggolongkan identifikasi lingkungan eksternal dan internal berdasarkan analisis SWOT

BAB II PEMBAHASAN

IDENTIFIKASI LINGKUNGAN EKSTERNAL

  1. Peluang (Opportunity)
  2. Ekspansi ke pasar Negara berkembang
  3. Memperluas bauran produk
  4. Seiring berkembangnya zaman masyarakat lebih cenderung bergantung pada teknologi
  5. Pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi yang mendorong pemasaran produk berbasis teknologi tidak terbatas
  6. Intel banyak mendirikan pabrik di Negara lain seperti di Malaysia, Argentina, China, India, dll.
  7. Ancaman (Threats)
  8. Banyak pesaing baru seperti AMD dan IMB
  9. Produk dari merek lain yang jauh lebih unggul dalam urussan grafis seperti AMD
  10. Kompetisi intens pada produk processor
  11. Persaingan pasar yang semakin kompetitif
  12. Konsumen memiliki banyak pilihan terhadap merk lain yeng mempunyai harga standar dengan spek yang mumpuni

IDENTIFIKASI LINGKUNGAN INTERNAL

  1. Kekuatan (Strengths)
  2. Temparatur pada Intel dapat di atur oleh processornya (processor akan mengurangi kecepatan jika processornya terlalu panas)
  3. Intel menang di brand image dan marketingnya
  4. Processor Intel lebih menghemat daya dan energi
  5. Pada processor Intel lebih kuat di aplikasi multimedia
  6. Intel secara global di akui mereknya dan memiliki merek yang kuat
  7. Kelemahan (Weaknesses)
  8. Lemah untuk urusan grafis, gaming dan program 3D
  9. Cepat panas apabila digunakan melebihi kapasitas
  10. Harga lebih mahal di banding merek lain dengan spesifikasi yang rendah
  11. Intel lebih focus pada kecepatan, sehingga menyebabkan mudah error atau kinerjanya lambat
  12. Kurang untuk menjalankan aplikasi besar

IMPLEMENTASI STRATEGI

  1. Menambah fitur baru seperti diberi cooling/pendingin, agar tidak mudah panas
  2. Membuat produk sesuai dengan perkembangan zaman seperti peningkatkan untuk program 3D dan grafis, agar mampu bersaing di pasar
  3. Memperluas jaringan kerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki kualitas lebih,seperti Samsung dan Apple.
  4. Memperkenalkan merek ke pangsa pasar baru sebagai perbandingan dengan merek lain.
  5. Tetap mempertahahankan pada kualitas, diferensiasi produk, dan kepemimpinan harga dengan tetap mengedepankan kualitas.

BAB III PENUTUP

Simpulan

  1. Menambah fitur baru seperti diberi cooling/pendingin, agar tidak mudah panas
  2. Membuat produk sesuai dengan perkembangan zaman seperti peningkatkan untuk program 3D dan grafis, agar mampu bersaing di pasar
  3. Memperluas jaringan kerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki kualitas lebih,seperti Samsung dan Apple.
  4. Memperkenalkan merek ke pangsa pasar baru sebagai perbandingan dengan merek lain.
  5. Tetap mempertahahankan pada kualitas, diferensiasi produk, dan kepemimpinan harga dengan tetap mengedepankan kualitas.

Saran

Dengan perkembangan jaman sangat diperlukan sebuah inovasi baru seperti penambahan fitur baru seperti pendingin sangat diperlukan melihat dengan kinerja produk intel yang semakin tinggi terutama pada procesor sehingga tidak mudah panas pada saat digunakan.

Selain itu juga perlu adanya sebuah produk baru berupa program 3D dan grafis untuk memperluas pangsa pasar. Perluasan sebuah pangsa pasar juga dapat menarik para perusahaan lain untuk membentuk kerjasama dengan intel misalnya dengan samsung atau apple.

Hal ini akan membantu peningkatan differensiasi produk intel meski demikian intel juga harus mampu mempertahankan kualitas dan harga untuk tetap membentuk brand image yang tinggi.





0 komentar: